Goa Barrallah


Objek Wisata - Goa Barallah. Terletak di Desa Huta Pungkut Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Terdapat sebuah Goa yang bagi masyarakat sering disebut Goa Barallah. Goa tersebut mempunyai arti penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Goa tersebut pernah dipergunakan oleh para pejuang kemerdekaan RI sebagai tempat persembunyian dan rapat dalam mengatur strategi untuk mengusir penjajah dari Indonesia.
Sejarah awal keberadaan Goa Barallah ada Dua Versi.

Versi Pertama

Ada yang mengatakan sebelum tahun 1500 goa ini sudah ada. Saat itu tidak seorangpun manusia yang berani masuk kedalamnya. Sekitar tahun 1818 di dalam goa sudah ada ditemukan jalan setapak, di duga orang - orang yang mendatangi goa ini berasal dari Kerajaan Majapahit yang masih beragama Hindu.

Selanjutnya sekitar tahun 1821 sudah ditemukan adanya pembukaan tambang emas secara tradisional di daerah itu. Kemudian sekitar tahun 1834, Seorang Syekh yang bernama Dapit dari Pagaran Siayu, Hutapungkut Julu mendatangi goa tersebut. Menurut cerita kedatangan Syekh tersebut untuk mencari kawannya yang hilang.

Saat itu yang berani memasuki goa tersebut hanyalah Syekh Dapit sendirian. Setelah Syekh Dapit keluar dari goa, secara tiba - tiba Syekh tersebut menghilang. Menurut cerita, Syekh tersebut adalah bangsa Jin yang menjelma menjadi manusia. Sebelum Syekh tersebut menghilang, Goa itu di berinama dengan sebutan Goa Barallah.

Versi Kedua

menyatakan Barallah berasal dari kata berhala. Goa tersebut pernah dijadikan orang sebagai tempat menyembah berhala. Hal tersebut ada benarnya, karena jika kita memasuki kedalam goa, kita akan melihat ukiran seperti patung laki - laki dan perempuan sedang bersanding. Mungkin berhala inilah yang di jadikan orang untuk sembahannya.

Di dalam goa tersebut juga terdapat 2 ular yang menjaga goa itu, dan mereka tidak mengganggu. Begitu kita masuk kedalam, kita akan menemui ruangan yang besar, selain itu terdapat dua arah jalan, yang satu ke kanan dan yang satu ke kiri. Apabila kita memasuki arah kanan, beberapa meter saja bila kita memasukinya kita akan mendengar desiran suara air yang mengalir jauh dibawah goa tersebut.

Dan arah jalan tersebut cukup licin, serta turunan sampai kedalam dasar goa, jika kita berani menelusurinya, kita akan melihat sungai yang berbentuk kolam yang sangat luas.

0 Response to "Goa Barrallah"

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan etika, dan dilarang keras memasukan link aktif di pesan komentar ini.

ABOUT ME

My Photo
JAKARTA TIMUR, DKI Jakarta, Indonesia
Hai guys, nama gua felly, biasa orang - orang manggil gua pepenk, bejo, kuya, blo on, landak, dan apalah - apalah. Saat ini gua blom nikah, tapi dah punya bokin yang cuantik sedunia, gua tinggal di daerah kawasan Jakarta Timur, tepatnya di dekat pasar rebo, gua seneng nulis di blog, dan cita - cita gua itu mau jadi publisher om Google Adsense.

STATISTIK

PROTECTION